Jus Seledri: Tonik Kesehatan Atau Sekadar Mode Kesehatan?

Tahun baru saja dimulai ketika saya mulai melihat jus seledri di mana-mana. Di media sosial, artikel, di kafe-kafe bouji kecil. Jelas saya mengabaikannya. Saat itu tahun 2019 dan industri kesehatan telah lama menyebut moratorium “jus hijau” dan beralih ke makanan padat. Tidak ada yang membuat jus lagi.

Kecuali mereka, setidaknya di AS, di mana jus seledri telah dijual empat kali lipat tingkat jus kale sejak Oktober. Dan sekarang datang ke sini.

Tidak mengherankan jika orang di balik tren ini adalah teman Goop. Anthony Williams, “Media Medis” dan penggagas penggambaran Global dari Gerakan Jus Seledri, adalah kerajaan kesehatan bagi dirinya sendiri. Dia telah menjual jutaan buku dan menghitung Robert De Niro sebagai teman dan klien. Karena Williams, Pharrell meminum jus seledri, dan begitu pula Elle Macpherson.

Williams tidak menemukan jus seledri, tetapi ia telah mengganti namanya menjadi sesuatu yang kuat untuk kesehatan, atau “alat penyembuhan untuk setiap gejala dan kondisi yang bisa dibayangkan”, katanya. Jika Anda tidak yakin tentang kualifikasi Williams, ia, menurut biografinya, dilahirkan dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan “Spirit of Compassion” dan berhasil mendiagnosis neneknya dengan kanker paru-paru ketika ia berusia empat tahun. Jadi begitulah.

Melalui email, ia mencantumkan beberapa penyakit yang bisa diobati jus seledri, sesuai dengan keseksian: “Kondisi autoimun, jerawat, eksim, psoriasis, migrain, refluks asam, kecanduan, kecemasan, depresi, kelelahan, masalah berat, kembung, sembelit. ”(Meskipun ia tidak menawarkan bukti untuk mendukung hal ini.) Jus ini juga sangat“ menghidrasi ”- tidak mengherankan, mengingat seledri mengandung 95% air. Sayangnya, “sakit punggung” tidak terdaftar, tetapi saya pikir tidak ada salahnya mencoba.

Untuk obat mujarab yang baru-baru ini mengalami peningkatan penjualan 454% di AS, jus seledri ternyata sulit ditemukan di Inggris. Saya akhirnya melacak beberapa di Wild By Tart, sebuah restoran konsep di pusat kota London, yang menjual 200 ml jus seledri murni dalam botol kaca yang dapat digunakan kembali dengan harga £ 2,75.

Williams menyarankan meminumnya di pagi hari dengan perut kosong, dan menunggu 15 menit sebelum makan apa pun. Mencampurkannya dengan barang-barang kesehatan lainnya – cuka sari apel, kolagen, arang aktif – diveto. Tidak ada, katanya, membawa “manfaat yang sama dengan 16 oz [1 ikat, sekitar 450ml] jus seledri lurus dan murni yang dikonsumsi saat perut kosong”. Peminum yang lebih keras dapat mengonsumsi hingga satu liter sehari. Saya tetap menggunakan 200ml dan menunggu, untuk pengampunan, atau setidaknya punggung saya berhenti sakit.

Ini adalah kolom makanan sehingga semua manfaat tidak ada artinya jika rasanya tidak enak. Yang lucu tentang seledri adalah sulit dijelaskan. Seledri adalah tekstur, basis sup, dan kendaraan untuk selai kacang atau keju krim. Jus, kebanyakan rasanya kesehatan dan rumput. Sangat menyenangkan. Tapi, sayang, punggungku masih sakit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *